Wednesday, January 2, 2013

Mengapa Menggunakan MS. Acces


Penulis menggunakan Microsoft Access untuk aplikasi pengolahan database karena beberapa pertimbangan:
  1. Microsoft Access sangat mudah digunakan dan referensinya sangat mudah didapat. Selama bertahun-tahun penulis membangun aplikasi menggunakan Microsoft Access dengan cara autodidak. Penulis sering membaca referensi dari fitur help yang ada pada Microsoft Access.

  2. Kita dapat mengkustomisasi interface Microsoft Access sehingga antar muka program komputer layaknya aplikasi profesional. Kita dapat mengkustomisasi menu-menu buatan kita sendiri, baik pull down menu maupun toolbar sesuai kebutuhan kita. Berikut gambar contoh user interface Microsoft Access yang telah dikustomisasi:
  3. Kode program Microsoft Access menggunakan Visual Basic yang relatif mudah dimengerti dan digunakan.

  4. Kode program yang kita buat, baik dalam modul ataupun kode dalam form dapat disembunyikan dengan mengubah file access (.mdb) menjadi file yang kodenya tidak dapat dibuka lagi (.mde)

  5. Mudah dalam pengembangan/penambahan modul aplikasi. Developer/programmer MS-Access jika akan menambahkan modul tambahan tinggal mengedit file .mdb kemudian mengcomplie dan merubahnya ke file .mde kemudian meng-copy-kan file .mde tersebut ke komputer pengguna aplikasi tanpa harus menginstall aplkasi di computer client (dengan catatan bahwa computer client sudah ada program MS-Access-nya).
Adapun keterbatasan dari aplikasi Microsoft Access adalah:
  1. Aplikasi yang kita buat merupkan sebuah file yang dependen pada apliaski Microst Access. Jadi tidak dapat digunakan pada komputer yang tidak ada aplikasi Microsoft Access-nya.

  2. Tidak dapat dicompile menjadi .exe file.

  3. File Access yang dibangun dengan versi aplikasi access yang digunakan harus sesuai. Jika kita membangun aplikasi file MS-Access dengan menggunakan MS-Access 2002 maka kemungkinan besar file tidak dapat dijalankan menggunakan aplkasi Microsoft Acess yang versinya lebih rendah

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Sponsor

Sponsor

Sponsor

Copyright © 2012. anaajat online - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz