Tuesday, December 25, 2012

Diferensiasi Berdasarkan Klan


Kesatuan terkecil dari kerabat unilateral disebut denganklan. Dalam klan, masyarakat yang bertalian darah(genealogis) dipengaruhi oleh faktor pertalian darah yangsangat kuat, sedangkan masyarakat yang bertalian denganfaktor teritorial (daerah) hampir tidak tampak. Tiap-tiaporang merasa ada pertalian darah antara satu dengan yanglainnya, sebab mereka merasa satu keturunan (samaleluhurnya). Begitu juga kelangsungan hak dankewajiban diurus dalam suatu kelompok, di manaanggota kelompok itu ditentukan berdasarkan garisketurunan laki-laki atau perempuan.

Klan merupakan suatu satuan sosial yang para anggotanya memiliki hubungan kekerabatan.Dengan demikian, kesatuan klan didasarkan atas hubungan darah atau keturunan(geneologis). Biasanya klan atau kelompok kekerabatan ditarik berdasarkan garis keturunan(unilateral). Kelompok kekerabatan yang didasarkan pada garis keturunan dari pihak bapakdikenal dengan istilah patrilineal, sedangkan kelompok kekerabatan yang didasarkan padagaris keturunan dari pihak ibu dikenal dengan istilah matrilineal.

Kelompok kekerabatan banyak dijumpai dalam kehidupan bangsa Indonesia. Klanklanyang ada dalam kehidupan masyarakat Batak disebut dengan marga, seperti MargaSimanjuntak, Marga Hutabarat, Marga Harahap, Marga Hutagalung, Marga Hutauruk, danlain sebagainya. Masyarakat Minangkabau juga mengenal sistem klan yang disebut dengankampuang.

Klan berhubungan dengan latar belakang keturunan yangtergabung dalam keluarga luas, baik berdasarkan garis keturunanwanita (matrilineal) maupun laki-laki (patrileneal) atau keduanya.Klan merupakan suatu organisasi sosial yang khusus menghimpunanggotanya berasal dari satu keturunan yang sama sehingga klanakan memiliki struktur sosial tersendiri yang secara khusus untukmemperkokoh ikatan kekerabatan di antara mereka.

Orang-orang yang terhimpun dalam suatu klan dapat diketahuidari nama belakang (nama keluarga) yang mereka pakai seperti yangdimiliki oleh masyarakat Batak, tetapi terdapat juga anggota sebuahklan yang dapat dikenali dari lambang-lambang yang dipasang dirumah atau perilaku khusus yang hanya berlaku bagi suatu klan.Klan di Indonesia merupakan warisan budaya yang diturunkan olehpendahulu mereka.

Tidak semua orang Indonesia memiliki klan karena di antaramereka banyak yang tidak memperhitungkan latar belakang atauasal keturunan. Adanya perkawinan antarsuku bangsa dapatmemperlemah kedudukan seseorang dalam keanggotaan suatu klan,dan yang bersangkutan dapat saja membentuk suatu struktur sosialbaru yang berbeda dari klan.

Dari uraian tersebut kita dapat mengidentifikasi, bahwaciri-ciri klan adalah sebagai berikut.
  1. Ikatan kekerabatannya berdasarkan persamaanleluhur atau pertalian darah.
  2. Hubungan antaranggota sangat erat.
  3. Pemilihan pasangan hidup diatur menurut prinsipendogami (pemilihan pasangan di dalam klan).
  4. Merupakan kelompok kerja sama abadi.
Klan-klan yang ada dalam masyarakat menganut sistem kekerabatan yang berbeda-beda. Sistem kekerabatan yang umum berlaku ada tiga macam, yaitu patrilineal, matrilineal, dan bilateral atau parental.
  1. Sistem Kekerabatan Patrilineal. Sistem kekerabatan patrilineal adalah sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari pihak ayah atau laki-laki. Di negara kita, sistem kekerabatan ini antara lain dianut oleh masyarakat Batak.
  2. Sistem Kekerabatan Matrilineal. Sistem kekerabatan matrilineal adalah sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari pihak perempuan atau ibu. Di negara kita, sistem kekerabatan ini antara lain dianut oleh masyarakat Minangkabau
  3. Sistem Kekerabatan Bilateral atau Parental. Sistem kekerabatan bilateral adalah sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari kedua belah pihak, baik dari laki-laki atau ayah maupun dari perempuan atau ibu. Di negara kita,sistem kekerabatan ini antara lain dianut oleh masyarakat Jawa.

1 comments:

Anonymous said...

mangstap gan :)

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Sponsor

Sponsor

Sponsor

Copyright © 2012. anaajat online - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz