Friday, August 3, 2012

Keberadaan Manusia sebagai Insan Politik

HANYA DENGAN Rp. 10.000 ANDA SUDAH MEMILIKI ASURANSI
ANDA JUGA BERPELUANG MENDAPATKAN JUTAAN RUPIAH DARI BISNIS INI
KLIK DISINI
 
Maaf...tulisan pada blog ini tidak bisa di copy, jika anda membutuhkannya silahkan KLIK DISINI. Perhatikan hitungan mundur di sudut kanan atas monitor anda, setelah selesai klik SKIP AD


A.    Insan Politik
Kehidupan  manusia dalam kehidupan bernegara adalah sebagai insan politik atau sebagai elemen pokok  yang melaksanakan aktivis-aktivis politik (kenegaraan) baik sebagai subjek maupun objek dari suatu tujuan. Sebagai insan politik, kegiatan-kegiatan politik yang dapat dilakukan sebagai wujud partisipasi politik, antara lain sebagai berikut:
  1. Membentuk organisasi sosial politik atau menjadi anggota Lembaga Sosial Masyarakat (LSM).
  2. Aktif dalam proses pemilu.
  3. Bergambung dalam kelompok-kelompok kepentingan kontemporer.
B.     Insan Politik
Menurut Sukarna, sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh kekuasaan  di dalam negara, mempertahankan kedudukan kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan antara negara dengan negara, atau dengan rakyatnya.
Suatu sistem politik harus mempunyai kemampuan untuk mempertahankan kehidupan (viability), langgeng dan berkelanjutan serta mempunyai dorongan alamiah (persisting) dalam segala kondisi lingkungan yang menekannya sampai batas tertentu.  Setiap sistem politk harus mencakup faktor-faktor sebagai berikut:
  1. Fungsi integrasi dan adaptasi terhadap masyarakat, baik ke dalam maupun ke luar.
  2. Penerapan nilai-nilai pada masyarakat berdasarkan kewenangan.
  3. Penggunaan kewenangan antarkekuasaan, baik secara sah dan maupun tidak.
Dalam setiap negara akan ada dua masalah yang berkaitan dengan nilai-nilai, yaitu masyarakat yang menjalankan nilai-nilai dan pemegang kekuasaan sebagai pihak yang memberlakukan nilai.  Sehingga dengan demikian, bicara soal sistem politik, sama halnya dengan bicara kehidupan politik masyarakat (social political life, infrastruktur).

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Sponsor

Sponsor

Sponsor

Copyright © 2012. anaajat online - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz