Monday, July 30, 2012

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Ideologi
Istilah ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea adalah gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; sedangkan logos bearti ilmu. Dari kata idea dan logos tersebut maka makna kata ideologi secara harfiah merupakan kumpulan gagasan, pandangan atau paham secara menyeluruh  dan sistematis dijadikan dasar bagi perubahan suatu institusi kepentingan golongan atau kelas sosial.

Pancasila sebagai ideologi
Pancasila sebagai dasar negara, secara formal mendasari semua usaha dan kegiatan bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang diangkat oleh paraperunding ketika mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Dalam Tap MPR No. III/MPR/2000 dijelaskan sebagai berikut:
  1. Pancasila merupakan sumber dasar hukum nasional.
  2. Sumber hukum adalah  sumber yang dijadikan  bahan untuk penyusunan berbagai peraturan.
  3. Sumber hukum terdiri dari sumber hukum tertulis dan tidak tertulis
  4. UU  1945 merupakan hukum dasar tertulis negara RI memuat dasra dan garis besar  hukum dalam penyelenggaraan negara.
  5.  Tata urutan peraturan perundangan Republik Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. UUD 1945
  2. Ketetapan Tap MPR RI
  3. Undang-Undang
  4. Peraturan pemerintah pengganti UU
  5. Peraturan pemerintah
  6. Keputusan presiden
  7. Peraturan daerah
Ciri khas ideologi Pancasila adalah nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, tidak pula diciptakan oelh negara, melainkan digali dan diambil  dari kekayaan rohani, moral dan budaya  masyarakatnya sendiri. Hal ini yang menjadikan ciri bahwa Pancasila merupakan ideologi terbuka.

Pancasila Sebagai ideologi Terbuka
Ideologi terbuka bararti bahwa  suatu pandangan, gagasan, atau konsep dengan suatu sistem pemikiran terbuka. Ciri-ciri ideologi terbuka  adalah nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakatnya sendiri, bukan dari sekelompok orang.
Pancasila sebagai ideologi terbuka sama halnya dengan bangsa Indonesia yang senantiasa terbuka untuk proses reformasi  atau perubahan dalam bidang kenegaraan.
Pancasila tumbuh seiring  dengan gerak dan perkembangan  bangsa.  Kita bergerak maju tanpa kehilangan kepribadian dan kearah kehidupan. Begitu pula keterbukaan untuk menerima kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  yang sesuai dengan nilai-nilai dasar negara Indonesia  yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 dan Pancasila.



Sumber:
Chotib, dkk (2006). Kewarganegaraan menuju masyarakat madani. Jakarta, Yudhistira

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Sponsor

Sponsor

Sponsor

Copyright © 2012. anaajat online - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz